Cara instalasi plugin wordpress dan plugin yang wajib digunakan

Sebenarnya postingan saya kali ini tidak perlu lagi untuk dibahas, dan lagi pula hal ini paling mendasar dan benar-benar telah dipahami oleh para blogger namun biasanya hal yang mendasar seperti bahasan kali ini pun terkadang tidak diketahui oleh kita, benar bukan? Wah, sudah malam nih. Ok, kita mulai saja.
Instalasi plugin di wordpress tidak terlalu sulit. Tetapi ada perbedaan cara menginstall plugin untuk versi tertentu.
Dua cara instalasi tersebut adalah instalasi manual dan otomatis.

Instalasi plugin secara manual
Instalasi manual dapat digunakan untuk semua versi wordpress. Untuk menginstal plugin secara manual, dibutuhkan akses ke server, tanpa akses ke server, plugin tidak akan terinstal.

File plugin yang telah di-download yang berupa file zip diekstrak ke direktori/wp-content/plugins. Pada tahap ini, instalasi plugin telah selesai.
Disarankan menggunakan FTP filezilla untuk mengekstrakannya dan pelajari lebih lanjut penggunaannya.
Untuk aktivasi plugin masuklah ke dashboard, pilih menu plugin. Pada daftar plugin yang terinstal, terdapat menu untuk mengaktifikan plugin dan aktifkan.

Instalasi plugin secara otomatis
Pada wordpress versi 2.7, instalasi sudah mudah dilakukan. Si pengguna tidak perlu mengakses server.

Pilih menu add new di bagian menu plugin. Klik tombol browse untuk memilih plugin yang telah didownload (berupa zip). Setelah itu klik install now. Setelah file terinstal, ada dua pilihan apakah plugin tersebut akan langsung diakatifkan atau tidak. Bila tidak langsung diaktivkan, aktivasi dapat dilakukan seperti pada instalasi plugin manual.

Sedikit tambahan informasi bahwa ada beberapa plugin wordpress popular dan wajib dimiliki pengguna wordpress terlebih lagi plugin-plugin wordpress tersebut bebas di internet dan dapat didownload secara otomatis.
Simak beberapa plugin popular tersebut.

Akismet

Capek-capek mengisi postingan tentunya tidak mengharapkan jika postingan kita di comment dengan robot, ya..katakanlah spam, apalagi memberi komentar asal-asalan disertai link menuju web/blog-nya. Nah, tugas akismet lah yang akan menghapusnya secara otomatis. dan tidak susah untuk mendapatkannya karena plug-in ini sudah ada ketika kamu mendaftar di http://www.wordpress.com atau sudah ter default.

All in one SEO pack

Plug-in ini secara otomatis akan mengoptimalisasikan wordpress kamu untuk mesin pencari(Search Engine Optimazation).
Alamat download http://wordpress.org/extend/plugins/all-in-one-seo-pack/

Google XML sitemaps


Seluruh informasi mengenai blog yang terangkum didalam sitemaps dapat mempermudah search engine dalam meng-index sebuah blog. Imbasnya akan mempermudah pencarian blog anda melalui search engine kamu. Dan tak usah khawatir jika kita mengubah atau membuat perubahan pada postingan karena sitemap yang kita buat akan di update dan akan dikirim ke seluruh search engine yang mendukung protocol sitemap.
Alamat download http://wordpress.org/extend/plugins/google-sitemap-generator/

Waduh, banyak lagi deh,.
Mau tahu lebih banyak lagi tongkrongin http://wordpress.org/extend/plugins/


0 comments:

Copyright © 2009 - KREASIKAN DIRIMU - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template