Penggunaan semapedia


Melalui berbagai media telah dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di negara ini. Di Indonesia kita telah memanfaatkan media cetak dan elektronik sebagai sarana belajar seperti; Koran, majalah, e-book, warta berita, dan lain sebagainya.
Tapi, ada satu sarana media yang lebih mampu mendukung hal itu, yaitu sarana pengaksesan info lewat barcode dengan ponsel. Nah, postingan saya kali ini akan membahas salah satu sarana pembelajaran yang mugkin di masa kedepannya akan lebih banyak dipergunakan mengingat beberapa negara telah menarapkannya.

Semapedia merupakan suatu system mobile untuk mendiskripsikan benda-benda di sekitar anda dalam bentuk symbol atau kode gambar tertentu (tag), untuk kemudian dicari deskripsi detilnya di dalam wiki.

Semapedia dipergunakan untuk mendeskripsikan orang hilang, biografi tokoh terkenal, informasi produk, benda-benda pemeran, penunjuk jalan, maupun informasi lainnya, bahkan sarana pembelajaran sekali pun.
Syaratnya ponsel kamu telah terinstall aplikasi tag reader `keywa reader` dan ponsel kamera dengan koneksi internet (via GPRS maupun 3G).
Caranya bagaimana?

1. Membuat tag
Melalui sebuah pc yang terhubung dengan internet, akseslah situs http://id.wikipedia.org. di dalam mesin pencarinya, masukkan kata-kata/artikel yang ingin kamu cari. Dan tekan tombol `cari judul`. Selanjutnya akan muncul deskripsi lengkap mengenai artikel yang kamu inginkan tadi. Sorot alamat situsnya dan kopi alamat tersebut. Buka kembali browser kamu dan masuklah ke situs http://www.semapedia.org/. Paste-kan alamat yang telah kamu kopi ke dalam kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol `create my tags`. Tunggu sejenak, semapedia akan membuatkan tag untuk kamu. Setelah proses selesai, kamu dapat mendownload file tag tersebut dalam format pdf. Bukalah dengan menggunakan aplikasi acrobat reader, kemudian cetak file tersebut. Nah kini kamu memiliki tag yang nantinya akan bercerita lebih banyak di ponsel kamu.

2. Install tag reader di ponsel
Untuk mendapatkan aplikasi tag reader, masuklah ke situs http://www.semapedia.org/. pilih menu `find and install a 2D Barcode reader`. Kemudian tentukan merek dan model ponsel kamu. Selanjutnya semapedia akan menyediakan link tempat download aplikasi tag reader beserta cara instalasi. Setelah terinstall kini kamu telah dapat menterjemahkan tag yang kamu buat sebelumnya.

Cara penggunaanya
Bukalah aplikasi keywa reader/tag reader, kemudian sorotlah tag tersebut. Sesaat kemudian, kamu akan mendapatkan link artikel yang kamu cari di wikipedia sebelumnya selayaknya seperti tampilan ketika kamu browser di wikipedia. Tanpa repot-repot kehilangan waktu untuk membacanya dan praktis dibawa kemana-mana.


Tapi, ingat jangan gunakan sebagai sarana kopekologi di lingkungan pendidikan kita lo..
Selamat berkreasi!!

0 comments:

Copyright © 2009 - KREASIKAN DIRIMU - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template